Senin, 10 Juli 2017

Manfaat Dan Khasiat Buah Labu Untuk Kesehatan Tubuh

buah labu
==========>>
Buah labu jipang merupakan buah dari tanaman merambat yang masuk ke dalam golongan labu-labuan. Labu jipang lebih populer dengan sebutan labu siam, labu ini banyak terdapat di Indonesia, Meksiko, dan Australia.
Selain itu, Buah ini memiliki banyak manfaat sekali bagi kesehatan tubuh dengan banyak memiliki kandungan gizi. Kandungan yang terdapat pada buah ini seperti energi, karbohidrat, lemak, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, asam folat, niacin, asam pantothenic, sodium, potassium, zat besi, magnesium, zat mangan, fosfor, selenium, zinc. dan masihh banyak lagi khasiat serta manfaat yang di miliki oleh buah labu di antaranya buah labu sendiri memiliki khasiat serta manfaat mampu menjaga serta memaksimalkan stamina karna ternyata buah labu ini juga memiliki khasiat dan manfaat yang sama dengan Titan Gel yaitu berfungsi untuk stamina keperkasan organ vitalitas , Kandungan itulah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat dan khasiat buah labu jipang ini, berikut ini informasinya.

Masih ingat bukan kisah Cinderella, dimana  Bu Peri menolongnya menyihir sebuah labu menjadi sebuah kereta kencana yang indah. Bu Peri memilih labu sebagai kereta kencana untuk Cinderella memang beralasan, buah labu ini memiliki 'keajaiban' dan manfaat buah labu dalam komposisi nutrisinya. Kita bukan akan membahas kisah Cinderella tapi membahas lebih dalam mengenai buah berwarna kuning yang memiliki banyak manfaat, lezat dan amat mudah diketemukan di Indonesia. Manfaat buah 'keajaiban' ini dapat dilihat dari komposisi nutrisi yang berada dalamnya.

Nutrisi buah labu

Labu mengandung banyak sekali nutrisi, seperti Vitamin A dan beta carotene. Terkandung juga dalam labu vitamin B, C, Kalsium, besi, folat, serat, karbohidrat, potasium, dan protein. Dan hebatnya buah labu termasuk buah yang rendah lemak, rendah kalori tapi kaya akan serat.

Manfaat buah labu

Melihat dari kandungan nutrisinya yang sangat kaya, maka tak heran jika buah yang bertekstur lembut ini memiliki banyak manfaat. Manfaat buah labu dapat dibahas dari beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya.

 Manfaat dari Kandungan Gizi Buah Labu

Labu merupakan salah satu sayuran yang banyak ditanam dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan vitamin untuk kesehatan. Labu memiliki kandungan rendah kalori serta diperkaya dengan kandungan vitamin A, flavonoid poli-fenolik antioksidan seperti leutin, xanthin, dan karoten. Labu termasuk dalam tumbuhan yang cepat tumbuh dan masuk dalam jenis keluarga Cucurbitaceae. Labu adalah salah satu tanaman yang paling populer dibudidayakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Labu sangat bervariasi dalam bentuk, ukuran dan warna. Umumnya ukuran labu adalah 4-6 kg dan mampu mencapai berat terbesar yaitu 25 kg. Pada umumnya berwarna orange atau kuning beberapa varietas menunjukkan warna hijau gelap, coklat dan abu-abu. Warnanya sangat dipengaruhi oleh pigmen kuning-oranye pada kulitnya.

Kebanyakan anda pasti sudah mengenal labu kuning. Pasalnya makanan ini kerap menjadi campuran es buah ketika anda menyantapnya saat berbuka puasa. Labu kuning yang biasa dikenal dengan sebutan waluh ini memang memiliki rasa yang unik. Ia kuat dengan rasa khasnya, namun tetap tidak mati ketika dicampurkan ke segala jenis minuman. Anda bisa menyantapnya bersama es buah, kolak waluh, maupun roti dan aneka getuk waluh. Tentu lezat bukan?
ads

Sesungguhnya bukan hanya daging buah saja yang bisa anda petik manfaat dan khasiatnya. Sebab banyak orang juga menyukai biji kuaci yang berasal dari biji buah labu kuning ini.

Kandungan buah labu kuning

manfaat labu kuningKelezatan ini ternyata juga tidak kalah dengan dari kandungannya tiap 100 gr daging buahnya. Siapa sangka, jika nutrisi yang ada dalam buah ini terdiri dari beta karoten, kalori, protein, serta lemak. Bukan hanya itu, sebab masih ada beberapa zat jenis mineral juga termaktup d idalamnya. Salah satunya ada kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, dan seng.

Selain itu juga ada karbohidrat, membuat kita merasa ‘penuh’ setelah makan kolak waluh atau labu kuning. Untuk itulah jika saat berbuka puasa anda merasa kenyang setelah makan kolak, lalu menunda makan nasi. Beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, C, E, K, tiamin, niasin, lutein, zeaxanthin, riboflavin, asam patoneat, B6, folat dan pro vitamin A yang paling mendominasi.

manfaat buah labu
===================>

1. Menurunkan tekenan darah tinggi

Berbagai penelitian mengemukakan bahwa buah ini dapat di gunakan sebagai obat herbal untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Baik untuk ibu hamil

Kandungan asam folat yang terdapat pada dalam buah ini sangat dibutuhkan oleh wanita yang sedang hamil karena hal tersebut akan mengurangi risiko lahirnya bayi dalam keadaan cacat. Mengonsumsi buah ini dapat diolah menjadi sayuran dapat di santap pada saat siang dan juga makan malam. Dengan 100 gram buah labu ini kita dapat dikatakan memenuhi kebutuhan akan asam folat di dalam tubuh.

3. Membantu menurunkan berat badan

Buah ini mengandung 16 kalori di setiap 100 gram nya Kandungan nutrisi tersebut buah ini tidak mengandung lemak jenuh dan juga kolesterol, serat yang terdapat pada buah ini juga bisa dikatakan cukup tinggi. Sehingga membuat buah ini menjadi makanan yang recommended untuk mereka yang sedang menjalankan program diet.

4. Mencegah penyakit kanker

Menurut pakar ahli gizi jumlah homocysteine yang berlebihan di dalam darah yang akan meningkatkan risiko terkena penyakit stroke bahkan penyakit jantung. Buah ini menjadi sumber folat yang sangat baik bagi tubuh serta membantu menstabilkan homocysteine yang ada di dalam darah.

5. Sebagai sumber mineral bagi tubuh

Terdapat berbagai mineral yang ada di dalam buah ini seperti potassium, zat besi, fosfor serta mineral lainnya yang sangat di butuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Bukan hanya itu kandungan tersebut juga mampu untuk menjaga kekuatan, kepadatan tulang dan gigi serta mempertahankan metabolisme.

6. Sebagai anti-anging (penuaan dini)

Khasiat labu jipang juga bisa digunakan sebagai anti aging. Kandungannya telah terdapat kandungan flavonoid yang cukup baik di dalam buah ini. Flavonoid ini sendiri akan membantu tubuh untuk melawan zat-zat berbahaya seperti zat oxygen species (ROS) ialah zat yang merupakan turunan dari oksigen akan tetapi bersifat reaktif yang bisa membahayakan tubuh, radikal-radikal bebas penyebab penuaan dini serta penyakit berbahaya lainnya.

7. Melawan radikal bebas

Manfaat labu kuning juga memiliki senyawa anti oksidan. Hal ini sangat berguna untuk menepis atau melawan radikal bebas yang hamper setiap hari menyerang diri anda. Apalagi jika anda adalah tipe orang yang kerap melakukan banyak aktivitas di luar ruangan dan dibawah terik matahari.

8. Tampak awet muda

Makanan yang banyak dicari sekarang ini adalah yang memiliki manfaat menjaga diri anda agar tampak awet muda. Salah satu khasiat vitamin yang banyak membantu dalam hal ini adalah vitamin E. Kandunganya sebesar 0,44 gram cukup membantu anda. Sebab vitamin ini menjaga kekencangan kulit anda.

9. Meminimalisir penyakit degeneratif : Hipertensi

Salah satu jenis penyakit degeneratif yang paling banyak di derita oleh masyarakat Indonesia adalah hipertensi atau darah tinggi. Hal ini kebanyakan menyerang wanita dewasa setelah ia melewati masa menopause. Adanya kandungan kalium mampu mengurangi resiko adanya penyakit ini.

Kandungan Gizi Labu

Labu adalah salah satu sayuran yang  sangat rendah kalori. 100 buah g hanya menyediakan 26 kalori dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, namun kaya serat makanan, anti-oksidan, mineral, vitamin. Labu adalah salah satu sayuran yang direkomendasikan oleh para ahli medis untuk mengurangi kolestrol dan penurunan berat badan.Labu merupakan sayuran yang memiliki banyak vitamin anti-oksidan seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Labu dalam 100 gram mengandung vitamin A tertinggi dari keluarga sayuran Cucurbitaceae yang mengandung sekitar 246% dari RDA. Vitamin A adalah anti-oksidan alami yang kuat dan diperlukan oleh tubuh untuk menjaga integritas kulit dan membran lendir. Ini juga merupakan vitamin penting untuk penglihatan visual yang baik.

Studi penelitian menunjukkan bahwa makanan alami kaya vitamin A membantu tubuh melindungi terhadap paru-paru dan kanker rongga mulut. Labu adalah jenis sayuran yang megandung anti-oksidan alami yang memiliki UV (ultra violet) sinar penyaringan tindakan dalam lutea makula di retina mata. Dengan demikian, hal ini membantu melindungi dari penyakit makula terkait usia (ARMD) pada orang tua. Kandungan dari labu adalah sumber yang baik dari kelompok B-kompleks vitamin seperti folat, niacin, vitamin B-6 (pyridoxine), thiamin, dan asam pantotenat.Selain itu mengandung mineral seperti tembaga, kalsium, kalium dan fosfor. Tidak saja daging labu akan tetapi kandungan dari biji labu merupakan nutrisi yang sangat baik mengandung serat dan asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, biji terkonsentrasi sumber protein, mineral dan kesehatan-manfaat vitamin. Misalnya 100 g biji labu menyediakan 559 kalori, 30 g protein, 110% RDA besi, 4987 mg niacin (31% RDA), selenium (17% RDA), seng (71%).Selanjutnya, biji labu merupakan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan terutama kandungan asam amino triptofan untuk kesehatan otak.

Manfaat dan Khasiat Buah Labu Jipang Lainnya:

    Menurunkan risiko penyakit jantung
    Dapat mengatasi perut kembung
    Mencegah anemia
    Sebagai sumber stamina
    Sebagai obat hipertensi
    Dapat menyembuhkan penyakit batu ginjal
    Sebagai obat tumit hitam
    Sebagai obat sariawan
    Dapat melancarkan saluran kemih
    Menyembuhkan wasir atau ambeien
    Menjaga kesehatan sistem saraf dan otot

Diatas itulah manfaat dan khasiat buah labu jipang untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam menjaga kesehatan anda dan dengan mengkonsumsi buah-buahan yang sehat setiap harinya, serta pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan anda di masa depan nanti

Manfaat labu untuk kesehatan yaitu untuk menstabilkan gula darah dengan menjaga pola makan karena kandungan labu merupakan jenis kalori yang rendah gula, meskipun demikian tetap memberikan manfaat untuk tubuh anda dengan memberikan sumber energi. Kandungan magnesium yang terdapat pada labu membuat anda lebih tenang karena mampu membuat rileks saraf, selain itu biji labu mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan terutama anemia yang sering terjadi pada wanita. Bagi anda yang ingin melancarkan pencernaan konsumsi labu untuk menjaga pencernaan terutama usus manusia. Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan sediakan labu dalam menu makanan anda sehari-hari. Anda dapat membuatnya secara bervariasi dari mulai sayur labu atau cemilan yang berbahan dasar labu.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Macam Mcam Produk

BANK PEMBAYARAN TRANSFER

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BERGARANSI